Minggu, 25 November 2012

Melatih Kecerdasan

Kecerdasan itu identik dengan kemampuan otak yang telah dibawa sejak lahir. Namun ini tidak berarti kecerdasan mutlak bawaan saja. Sesungguhnya kecerdesan itu dapat diasah dan dilatih. Berikut sedikit tipsnya....

Untuk anak yang masih kecil, tips berikut boleh dicoba mama nih untuk mencetak bintang-bintang unggul...

1. Bicara dengan cerdas
 
Ajak bayi Anda bicara sesering mungkin
Menurut Dr.Jean Ashton –pengajar dan pemerhati pendidikan anak usia dini dari Universitas Sydey, Asutralia, mengajak bayi bicara bukan hanya terbatas pada memuji, mengeluarkan kata-kata lucu atau memanggil-manggil namanya.

“Ajak bayi Anda bicara dan belajar juga  menjadi pendengar yang baik untuknya. Bayi mungkin belum bisa menjawab dengan kata-kata, namun mereka pandai merespon melalui ekspresinya. Respon ini yang perlu diperhatikan dan dihargai sebagai bentuk awal bayi belajar berkomunikasi dengan lingkungannya.”

Anda juga dapat mengajak bayi berbicara cerdas dengan memanggil namanya, menanyakan sesuatu, menjelaskan hal sesuai logika serta menggunakan kalimat lengkap.

2. Ikut bermain
 
Masih menurut Dr. Ashton, keterlibatan Mama saat anak bermain dapat megajarkan cara bermain yang seharusnya. Kegiatan ini juga akan membantu mempercepat proses belajar anak, mengembangkan potensi sosialnya, mengenali kemampuan atau bakat, minat, hingga kebutuhan emosionalnya.

3. Bacakan cerita
 
Tidak ada kata terlalu dini untuk mulai membacakan cerita untuk anak. Seperti yang dikatakan Dr.Rosmarie Truglio, seorang ahli pendidikan, “Membaca dapat menumbuhkan kecintaan anak pada buku, meningkatkan kemampuan kosakata serta membantu mengembangkan keterampilan berbahasa.”
Pilih buku-buku sederhana dengan gambar dan warna yang menarik agar anak dapat turut melihat dan memainkannya.

4. Bernyanyilah!
 
Pilih lagu yang memiliki syair berima, memiliki nada-nada atau bunyi-bunyi unik serta membuat Anda bergerak. Cicak-cicak di dinding, hap! Mudah, bukan? “Ini cara yang sangat menyenangkan untuk mengajak anak mempelajari beragam bunyi dan menamabah perbendaharaan kata. Anak juga akan terdorong untuk ikut bergerak dan bergembira. 

Dan untuk teman-teman, nih sedikit tips yang akan saya bagikan..

1. Latih kemampuan mengamati.

 

Perhatikan lingkungan sekitar. Rekam dalam pikiran apa yang Anda lihat, mulai dari yang paling sederhana dan diteruskan dengan observasi yang lebih rumit.

2. Asah indra.

Bisa dilatih dengan membedakan rasa makanan yang disukai dan yang tidak. Menyadari bau dan aroma di sekitar atau bunyi-bunyian yang ada di jalan atau mungkin rasa panas atau dingin udara di sekitar Anda.

3. Hafalkan nama teman-teman dan pasangkan nomor teleponnya.

 

Ada berapa yang bisa diingat? Latih supaya bisa mengingat lebih banyak.


4. Pelajari sesuatu yang baru.

 

Banyak membaca dan berkenalan dengan hal-hal lain yang mungkin bukan bidang Anda, bisa bahasa asing, pengetahuan tentang komputer, dan lain-lain.

5. Gunakan tangan supaya mengikuti petunjuk otak.

 

Misalnya bermain gitar, mengetik tanpa melihat tuts, mengerjakan prakarya dari kayu, atau berlatih menulis halus.

6. Tekuni hobi.

 

Gunakan kesempatan untuk mengembangkan hobi Anda.

7. Pelajari dan hafalkan tanggal-tanggal penting

 

Pelajari dan hafalkan tanggal-tanggal penting, menyangkut anggota keluarga, teman, atau perayaan tertentu.

8. Hafalkan sesuatu yang Anda sukai.

 

Bisa jadi itu puisi, lagu, kalimat dari sebuah buku atau kata-kata seseorang. Sebisa mungkin juga usahakan agar kalimat yang digunakan adalah bahasa asing.

9. Latihan menghafal urutan angka berderet panjang

 

Latihan menghafal urutan angka berderet panjang misalnya 32145687390282930498.
Ini adalah bentuk latihan memperbaiki daya ingat jangka pendek. Lakukan dengan mengelompokkan atau memecah bilangan itu menjadi beberapa bagian, misalnya 3214568 kemudian 7390282 dan terakhir 930498.

10. Ingat perjalanan pribadi.

 

Apa yang sedang Anda kerjakan satu jam lalu, minggu lalu pada hari Rabu pukul 10.00, misalnya. Dengan siapa, di mana, dan seterusnya.

11. Ingat dan teliti ulang pengeluaran harian.

 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Teman lakukan tahun ini untuk melatih otak agar makin pintar menurut Newsweek

 
1.Bermain kata
 
Cobalah ajak teman Anda bermain kata, karena sebuah penelitian menemukan bahwa dengan bermain teka-teki kata bisa menurunkan kemungkinan terkena Alzheimer dan demensia. Bermain scrabble atau video game sejenis itu juga bisa melatih otak Anda.
 
2.Makan kunyit
 
Kunyit merupakan jenis bumbu yang biasa Anda temukan di masakan tradisional India dan Thailand. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang juga bisa menurunkan risiko terkena demensia.
 
3.Ikut Tae Kwon Do
 
Selain olahraga bela diri ini, Anda bisa coba untuk mengikuti kelas tari atau bermain squash. Yang penting cari aktivitas yang bisa meningkatkan denyut jantung dan memerlukan banyak koordinasi. Jenis olahraga seperti tak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga otak.
 
4.Tonton Al Jazeera
 
Jangan menutup diri Anda dari ide-ide baru. Sebuah penelitian di 2009 menunjukkan bahwa penonton Al Jazeera English memiliki pemikiran yang lebih terbuka dibandingkan dengan mereka yang hanya menonton CNN International atau BBC World.
 
5.Buang ponsel pintar Anda
 
Secara konstan mengecek apakah ada email masuk di ponsel dapat membuat Anda tidak fokus dalam mengerjakan tugas. Sesekali biarkan ponsel Anda dalam keadaan offline atau blokir akses internet Anda.
 
6.Tidur yang banyak
 
Curi waktu untuk tidur siang sesaat lalu biasakan tidur malam lebih cepat. Sebuah penelitian di Harvard menemukan bahwa otak terus memproses memori bahkan saat tidur, nantinya Anda bisa mengingatnya lebih baik saat bangun.
 
7.Unduh aplikasi TED
 
Orang-orang dengan pemikiran terbaik berkumpul secara rutin di dalam konferensi TED (Technology, Entertainment, Design) untuk membahas isu-isu penting terkini. Anda bisa mengikutinya dengan mengunduh aplikasi TED untuk iOS dan Android.
 
8.Datangi festival literatur
 
Banyak negara-negara yang menggelar festival literatur secara rutin. Anda bisa mencari informasi tentang festival tersebut secara online, lalu pesan tiket untuk berjalan-jalan ke negara tersebut saat festival berlangsung. Dengan begitu Anda bisa belajar banyak dari para penulis yang hadir di festival itu. Jika tak ingin jauh-jauh, coba cek komunitas literatur di kota Anda. Di Jakarta, misalnya, ada komunitas Utan Kayu yang juga biasa menggelar festival dan diskusi literatur.
 
9.Buat sebuah ‘istana memori’
 
Salah satu trik untuk mengingat cepat adalah dengan mengasosiasikan apa yang ingin Anda ingat dengan sebuah gambar jelas. Anda mungkin tak punya kesabaran untuk membangun sebuah ‘istana memori’ tapi setidaknya dapat gambaran tentang teknik tersebut dengan membaca buku Moonwalking with Einstein: The Art and Science of Remembering Everything karya Joshua Foer.
 
10.Belajar bahasa
 
Belajar bahasa baru memberikan semacam olahraga kepada prefontal cortex, yaitu bagian otak yang mempengaruhi pengambilan keputusan dan emosi.
 
11.Makan cokelat hitam
 
Dark chocolate atau cokelat hitam mungkin tidak langsung mendorong peningkatan IQ Anda dalam semalam, tapi cokelat ini mengandung flavonoid yang dapat mempertajam memori. (Newsweek/aw)

Semoga sedikit tips ini dapat membuat anda termotivasi untuk dapat meningkatkan kecerdasan Anda..
Selamat mencoba.. ^,<



Tidak ada komentar:

Posting Komentar